Senin, 20 Oktober 2014

Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi (Accounting)

Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik. Pencatatan harian yang terlibat dalam proses ini dikenal dengan istilah pembukuan.
Akuntansi berkaitan dengan proses pencatatan,penggolongan, pengikhtisaran dan penyajian laporan mengenai transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan. Menurut American Accounting Association, “akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran, dan penyampaian informasi ekonomis untuk memungkinkan pembuatan pertimbangan-pertimbangan dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh pemakai informasi tersebut.”
Sehubungan dengan definisi ini maka akuntan diminta untuk mempunyai pengetahuan yang ada kaitannya dengan perkembangan perekonomian suatu masyarakat. Tanpa tambahan pengetahuan ini mereka tidak akan sanggup meneliti dan memberikan informasi yang relavan. Karena itulah dasar dari struktur akuntansi dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lainkondisi politik, macam bentuk dari lembaga yang mempengaruhi masyarakat mengenai barang atau jasa dan peraturan-peraturan khusus serta penghambat dimana masyarakat tersebut berada.
Akuntansi sering disebut bahasa dunia usaha atau the language of business. Akuntansi dalam bisnis dan dinamika perusahaan, mempunyai peran yang sangat penting terutama untuk memberikan informasi keuangan sebagai pendukung pengambilan keputusan. Pembuatan keputusan didasarkan informasi sangatlah penting untuk penyebaran/pendistribusian yang efisien dan penggunaan sumber negara yang jarang. Karena itu akuntansi merupakan peraturan penting di dalam dunia ekonomi dan sistem sosial. Penggunaan akuntansi yang efektif merupakan salah satu cara melakukan manajemen keuangan yang efektif.






Referensi :

Sudarsono, Dharma Tintri Ediraras. 1996.  Pengantar Akuntansi 1. Jakarta : Gunadarma. http://id.m.wikipedia.org/wiki/Akuntansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar