Rabu, 01 Oktober 2014

Pembagian Ilmu Ekonomi

Pembagian Ilmu Ekonomi

Menurut Alferd W. Stoner dan Douglas C. Hague ilmu ekonomi dapat dibagi menjdi tiga bagian yaitu sebagaai berikut:
1.      Descriptiv Economics (Ilmu Ekonomi Deskriptif)
Ilmu ekonomi ini mengumpulkan semua kenyataan yang penting tentang pokok pembicaraan (topic) yang tercantum, misalnya system pertanian di Bali, atau industri katun di India.
2.      Economic Theory (Ilmu Ekonomi Teori atau Teori Ekonomi)
Ilmu ekonomi ini memberikan penjelasan yang disederhanakan tentang cara suatu system ekonomi bekerja dan ciri-ciri yang penting dari system tersebut. Ilmu ekonomi teori dibagi menjadi ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro.
3.      Applied Economics (Ilmu Ekonomi Terapan)
Ilmu ekonomi ini mencoba mempergunakan kerangka dasar umum dan analisa yang diberikan oleh ekonomi teori untuk menerangkan sebab-sebab dan arti pentingnya kejadian-kejadian yang dilaporkan oleh para ahli ekonomi deskriptif.
                                                                                                      
Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro
v  Ilmu Ekonomi Mikro (Microeconomics) adalah kajian tentang bagaimana rumah tangga dan perusahaan membuat keputusan dan bagaimaana mereka berinteraksi di pasar tertentu. Ilmu ekonomi mikro membahas misalnya bagaimana suatu rumah tangga mengalokasikan pendapatannya untuk membeli barang dan jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan. Pakar-pakar ilmu ekonomi mikro biasanya membahas akibat yang ditimbulkan oleh suatu kebijakan terhadap rumah tangga perusahaan atau individu. Misalnya efek yang ditimbulkan oleh kebijakan wajib belajar pada pendapatan tenaga kerja.
v  Ilmu Ekonomi Makro (Macroeconomics) adalah kajian tentang gejala atau fenomena perekonomian secara luas. Ilmu ekonomi makro membahas perekonomian secara keseluruhan. Ekonomi makro membahas tentang produksi secara keseluruhan, bukan lagi per perusahaan seperti ekonomi mikro. Dalam membahas perekonomian secara keseluruhan, ekonomi makro memusatkan perhatian pada kebijakan ekonomi dan variabele-variabele yang mempengaruhinya. Misalnya ekonomi makro membahas tingkat pengangguran secara nasional, tingkat pendapatan nasional, dan tingkat inflasi nasional.




2 komentar: