Minggu, 11 Januari 2015

FUNGSI MANAJEMEN DAN CONTOHNYA

Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana dan oleh siapa. Perencanaan adalah proses dasar dimana manajemen memutuskan tujuan dan cara mencapainya. Perencanaan yang baik dapat dicapai dengan mempertimbangkan kondisi di waktu yang akan datang dalam perencanaan dan kegiatan yang diputuskan akan dilaksanakan, serta periode sekarang pada saat rencana dibuat. Perencaan kembali dapat menjadi faktor kunci pencapaian sukses akhir. Perencanaan harus mempertimbangkan kebutuhan fleksibilitas, agar mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi baru secepat mungkin.
 Salah satu aspek penting perencanaan adalah pembuatan keputusan (decision making), proses pengembangan dan penyeleksian sekumpulan kegiatan untuk memecahkan suatu masalah tertentu. Keputusan-keputusan harus dibuat pada berbagai tahap dalam proses perencanaan.

Sebagai contoh, perencanaan untuk mengikuti lomba yang diikuti dengan membuat perencanaan terlebih dahulu, maka hasil yang ditargetkan sebagai juara bisa mudah untuk diraih. Dengan mempersiapkan materi yang dibicarakan dengan kelompok atau grup yang kita buat. Membuat daftar rencana seperti

1. Bahan materi yang dipilih
2. Pembagian tugas dalam bagian bagian di perlombaan tersebut
3. Melakukan perlombaan dengan sportif dan mengikuti aturan yang ada
4. Menargetkan hasil yang maksimal dalam perlombaan


Pengorganisasian (Organizing)

pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang struktur formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien. Pengorganisasian merupakan proses penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan organisasi, sumber daya-sumber daya yang dimilikinya, dan lingkungan yang melingkupinya.
Sebagai contoh dalam perlombaan dalam pembagian tugas, guna melancarkan lomba yang diikuti. Seperti siapa yang harus mengerjakan, Bagaimana tugas-tugas teresebut dikelompokan. Siapa yang bertanggung jawab akan tugas tersebut.

Pengarahan (Actuating)

Dengan pengarahan adalah tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota organisasi melakukan kegiatan yang sudah ditentukan ke arah tercapainya tujuan. Kegiatan pengarahan ini banyak menyangkut masalah pemberian motivasi kepada para anggota organisasi, kepemimpinan serta pengembangan komunikasi. Sebagai contoh, memberikan motivasi yang positif kepada grup kita agar meningkatkan kerja hasil dari usaha yang kita kerjakan. Dalam memberikan motivasi, kita wajib memiliki sifat kepemimpinan dan dapat memengaruhi pendapat kita ke anggota supaya tersampaikan. Motivasi dan diarahkan sesuai dengan yang direncanakan, maka hasil yang diperoleh akan maksimal dan menjadi juara dalam perlombaan tersebut.


Controlling (Pengendalian)

Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.Dengan melakukan evaluasi dari target yang dikerjakan untuk memastikan bahwa pelaksanaan yang direncanakan sesuai. Dalam kepemimpinan dalam organisasi mempunyai tanggung jawab pengawasan seperti mengambil tindakan yang perlu untuk meminimalkan inefisiensi dan dilakukan secara efektif. Dalam contoh perlombaan seperti :

1.  Melakukan evaluasi keberhasilan apabila tidak sesuai dengan target yang dicapai
2.  Mengambil langkah klarifiaksi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin terjadi
3. Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target

Dengan pengendalian, kita dapat mengurangi kesalahan dalam pengambilan rencana dimasa yang akan datang, sehingga langkah kedepan nya target dapat tercapai untuk menjadi juara dalam perlombaan.


5 komentar:

  1. terimakasih atas info menejemennya sangat bermanfaat untuk tugas kuliahsaya

    BalasHapus
  2. terimakasih atas info menejemennya sangat bermanfaat untuk tugas kuliahsaya

    BalasHapus
  3. terima kasih banyak atas informasihnya tentang manajemennya sangat bermanfaat untuk tugas kuliah saya,kebetulan saya mengambil mata kuliah manajemen tambang.

    BalasHapus
  4. terimakasih atas Informasinya, ijin share mba :)

    BalasHapus